PAL INDONESIA HOME




 
  Perusahaan Kami
 
  Visi & Misi
  Penyedia Solusi
  Penjualan dan Pemasaran
  Teknologi
  Software TRIBON
  Welding Center
  Design & Teknologi
  Logistik
  Berita
  Profil Perusahaan
  Laporan Tahunan
  Struktur Organisasi

Quick jump





    Utama Perusahaan Kami Berita  
   
July 11, 2008
Forum Triwulan ALUTSISTA DEPHAN












Forum Triwulanan Penentu Kebijakan Pengguna Dan Produsen Bidang ALUTSISTA di PAL INDONESIA

Forum ini merupakan salah satu forum yang selalu menjadwalkan pertemuan tiga bulanan untuk mensinergikan antara Departemen Pertahanan Nasional,TNI AD,TNI AL, TNI AU dan Produsen Alutsista. Pada saat ini dilaksanakan di PT PAL INDONESIA (PERSERO)

Sebagai salah satu Industri Pertahanan nasional di bidang perkapalan, PT PAL INDONESIA (PERSERO) telah memiliki Divisi Kapal Perang yang telah mampu serta berpengalaman dalam mengembangkan dan memproduksi kapal. Disisi lain PAL IINDONESIA memiliki komitmen untuk mendukung kemandirian Industri Alutsista TNI, khususnya TNI Angkatan Laut. Hal ini telah dibuktikan bahwa PT PAL INDONESIA (PERSERO) mampu mempersembahkan produknya berupa FPB 57 sebanyak 12 unit dari berbagai tipe sebagai salah satu alat utama sistim pertahanan TNI AL untuk mengamankan kedaulatan negara dan keamanan lepas pantai.

DIANTARA PRODUK YANG TELAH DIHASILKANNYA :
- Kapal patroli cepat 57 meter NAV-I
- Kapal patroli cepat 57 meter NAV-II
- Kapal patroli cepat 57 meter NAV-III
- Kapal patroli cepat 57 meter NAV-IV
- Kapal patroli cepat 57 meter NAV-V

Dengan pengalaman membangun 12 unit kapal patroli cepat 57 meter PT PAL INDONESIA (PERSERO) saat ini sedang taraf penyelesaian 2 unit kapal LPD (Landing Plat Form) pesanan TNI Angkatan Laut. Juga berpengalaman dalam menangani Overhaul kapal selam KRI Cakra dan Nanggala. Saat ini PAL Indonesia siap membangun kapal korvet 90 meter. Program kapal korvet nasional merupakan wujud kemandirian negara dalam memenuhi kebutuhan alat utama pertahanan nasional khususnya kapal perang. Program ini mempunyai misi utama antara lain :
- Kemandirian alat pertahanan
- Pengembangan industri pertahanan
- Peningkatkan kemampuan engineering, design dan integrasi system

Kapal Korver ini mampu beroperasi dengan baik pada sea state 6 dengan endurance tidak kurang dari 30 hari. Kapal korvet nasional ini dilengkapi dengan landasan heli dengan kapasitas sampai dengan 10 ton, juga dilengkapi sistem persenjataan yang lengkap dan modern untuk melaksanakan berbagai tugas militer antara lain :
- Anti serangan udara
- Anti kapal selam
- Anti peperangan permukaan laut
- Anti peperangan elektronika
- Serta bantuan tembakan kapal

Apabila dalam waktu yang akan datang dibutuhkan kapal selam,maka pembangunannya diharapkan  dapat dilaksanakan didalam negeri.

Dalam pelaksanaan pembangunannya didukung industri strategis dan swasta nasional antara lain ; PT PINDAD, PT DI, PT TEXMACO, PT KRAKATAU STEEL, PT LEN, PT INTI, PT MASPION DAN PT TADAKARA

Keberhasilan program kapal korvet nasional 90 meter ini merupakan salah  satu faktor penting dan menentukan untuk mewujudkan suatu bangsa yang maju dan mandiri.
 

scroll to top