Tingkatkan Pemahaman GCG, PAL Lakukan Cara Out of the Box

PT PAL Indonesia (Persero) berkomitmen untuk menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang baik demi mencapai visi dan misi perusahaan sebagai perusahaan konstruksi di bidang industri maritim, pertahanan dan energi berkelas dunia. Salah satu wujud dari komitmen untuk melaksanakan praktik-praktik tata kelola perusahaan yang baik maka Perseroan menyusun dan menerapkan pedoman-pedoman GCG yang merupakan kristalisasi dari peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Korporat melalui Divisi Sekretaris Perusahaan telah mengadakan Sosialisasi Good Corporate Governance (GCG) secara virtual meeting tanggal 18 Februari 2021 dengan di antaranya penjelasan mengenai Whistle Blowing System, gratifikasi, manajemen resiko dan kebijakan tata kelola perusahaan sebagai sarana pencapaian visi dan misi perusahaan.

Gambar 1 Pelaksanaan Sosialisasi Good Corporate Governance (GCG) oleh Sekretaris Perusahaan Bapak Rariya Budi Harta

Pelaksanaan sosialisasi yang diberikan oleh Sekretaris Perusahaan Bapak Rariya Budi Harta memberikan pemahaman tentang pedoman-pedoman Kebijakan yang telah ditetapkan dan mendorong seluruh karyawan dalam membuat keputusan dan menjalankan tindakan dilandasi dengan prinsip-prinsip GCG yaitu TARIF yang merupakan singkatan dari Transparency, Accountability, Responsibility, Independency, dan Fairness. Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan keberhasilan usaha dan akuntabilitasnya dalam meningkatkan nilai perusahaan berupa peningkatan produktivitas kinerja dan citra perusahaan yang baik.

Penilaian pemahaman implementasi pelaksanaan Good Corporate Governance (GCG) di lingkungan PT PAL Indonesia (Persero) tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Apabila pada umumnya ppengukuran pemahanan konsep dilaksanakan dengan pelaksanaan pre-test dan post-test, tahun ini PAL mengemasnya dalam kuis interaktif bertajuk “GCG Award 2021” yang diikuti perwakilan seluruh divisi. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Plt Direktur Utama Ibu Etty Soewardani.

Gambar 2 Plt Direktur Utama Ibu Etty Soewardani Membuka Kegiatan GCG Award 2021
Gambar 3 Pelaksanaan Lomba GCG Award 2021 melalui aplikasi Quizizz

Kegiatan GCG Award 2021 diikuti oleh seluruh kepala Divisi, perwakilan Kepala Departemen dan karyawan millennial. Tercatat 103 orang mengikuti kegiatan GCG Award mewakili Divisi masing-masing.  Lomba GCG Award 2021 dilakukan melalui aplikasi Quizizz. Adapun pengumuman pemenang disampaikan langsung oleh Direktur Rekayasa Umum & Harkan Bapak Sutrisno.

Pemenang GCG Awards 2021 adalah sebagai berikut:

Juara 1 : Sekretaris Perusahaan
Juara 2 : Satuan Pengawasa Internal
Jara 3 : Divisi HCM & CM
—–
Juara Harapan 1 : Divisi PSP
Juara Harapan 2 : Divisi Kawasan
Juara Harapan 3 : Divisi Rekayasa Umum

Di samping itu kategori nilai tertinggi untuk perorangan pada babak penyisihan dan final diraih oleh Sdri. Devi Anggraini dari Sekretaris Perusahaan.

Gambar 4 Penutupan kegiatan oleh Direktur Rekayasa Umum & Harkan Bapak Sutrisno

Pelaksanaan Good Corporate diharapkan akan mampu menciptakan suatu mekanisme check and balances yang mendorong proses bisnis dan value creation yang prudent, bernilai tambah serta sesuai dengan ekspektasi para pemangku kepentingan. Prinsip-prinsip Good Corporate Governance seperti transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, serta kemandirian dan kesetaraan senantiasa dilakukan oleh seluruh karyawan PT PAL Indonesia (Persero).

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:
Utario Esna Putra
Kadep Hubungan Masyarakat
PT PAL Indonesia (Persero)
Telepon: 031-3292275 ext. 2002
Email: humas@pal.co.id