Harmonisasi Teknologi dan SDM di Hari Kelahiran Pancasila, PT PAL Indonesia Luncurkan Go Live IM4 Fase III

Gambar 1. CEO PT PAL Dr. Kaharuddin Djenod M.Eng dalam menyampaikan amanat upacara saat menjadi Inspektur Upacara Hari Kelahiran Pancasila Sumber : Dokumentasi perusahaan

Surabaya (03/06) PT PAL Indonesia melaksanakan upacara dalam memperingati Hari Kelahiran Pancasila, dipimpin oleh CEO PT PAL Indonesia Dr. Kaharuddin Djenod M.Eng sebagai Inspektur Upacara. Selaras dengan tema tahun ini ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045’, PT PAL Indonesia terus mengedepankan inovasi dan kedisiplinan dalam meningkatkan peran serta mewujudkan harapan menjadi Indonesia Emas 2045.

Bertepatan dengan hal tersebut, Upacara kali ini turut menjadi momentum peluncuran Go Live Fase III yang merupakan fase terakhir dari program digital Industri Maritim 4.0 (IM4), yang sebelumnya telah difinalisasi pada 1 Juni 2024. Kaharuddin Djenod menyampaikan bahwa “Saya mengharapkan kita semua dapat mengoptimalkan kinerja. Tidak mungkin menjadi pilar menuju Indonesia Emas tanpa kedisiplinan dan penguatan kinerja. Maka, IM4 ini menjadi alat kita untuk menuju ke sana”.

Sejak diluncurkan pada tahun 2022, program IM4 telah membawa perubahan besar dalam operasional bisnis PT PAL Indonesia. Pada tahun 2023, seluruh karyawan PT PAL telah menerima perangkat IM4, yang terbukti meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja secara signifikan. Terlebih kustomer dan stakeholder turut merasakan dampak pengaplikasian sistem digital ini, di mana data tersaji secara visible, real time dan tidak terbatas ruang.

Adapun peningkatan yang disajikan pada Fase III, IM4 ini meliputi:

  1. Go Live IM4 Backoffice: Transformasi digital ini mencakup semua fungsi backoffice PT PAL, meliputi keuangan, sumber daya manusia, dan manajemen rantai pasokan. Dengan platform digital yang terintegrasi, proses-proses administratif menjadi lebih efisien, meningkatkan akurasi data, serta dapat memperluas akses.
  2. Go Live IM4 KPI 1: Modul ini memperkuat sistem Key Performance Indicators (KPI) yang telah berjalan menjadi lebih terstruktur dan berbasis data. Kinerja karyawan dan operasional dapat terpantau dengan baik berdasarkan analisis data yang akurat, memungkinkan pengambilan keputusan lebih cepat dan tepat. IM4 KPI 1 membantu menetapkan target yang realistis dan memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan.
  3. Go Live IM4 E-Letter: Implementasi modul E-Letter mengubah cara komunikasi internal perusahaan. Semua surat menyurat dan dokumentasi kini dikelola secara elektronik, termasuk IM4 digital signature yang tidak lagi memakai tandatangan basah, sehingga mengurangi penggunaan kertas, dan mempercepat alur informasi. Modul ini tidak hanya mempercepat proses komunikasi tetapi juga meningkatkan keamanan dan jejak audit dokumen.

Babak baru dalam transformasi digital ini diselaraskan dengan PT PAL sedang dalam proses perbaikan sistem internal yakni 4 pilar utama bidang SDM, Desain, production dan supply chain. Sebagai komitmen untuk mewujudkan perbaikan internal tersebut PT PAL Indonesia juga men challenge Insal PAL melalui Continuous Improvement & Innovation (CII)Maka, strategi untuk perbaikan internal sudah menjadi kewajiban. Setiap insan PT PAL harus berkomitmen untuk melakukan perbaikan. Kami telah meluncurkan program Continuous Improvement and Innovation untuk mendukung upaya ini. Maka dari itu kita upayakan mulai dari hal kecil dengan perbaikan kinerja dari modul IM4 dan continuous improvement, sehingga dapat menjadi lokomotif menuju Indonesia Emas 2045. Kita bisa menjadi bagian dari pencapaian Indonesia Emas, dan itu semua berkat insan-insan PT PAL yang ada di depan saya ini“, tutup Kaharuddin Djenod.

Dengan semangat Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045 serta implementasi Go Live Fase III IM4, PT PAL Indonesia menegaskan komitmennya untuk terus berinovasi dan mengadopsi perkembangan teknologi terkini untuk menghadapi tantangan di masa mendatang.

Tentang PT PAL Indonesia: PT PAL Indonesia merupakan perusahaan manufaktur bidang maritim terbesar di Indonesia. Kami memiliki keunggulan bisnis pada kapabilitas rancang (desain) bangun kapal perang, kapal niaga, dan rekayasa umum (general engineering). Selain itu, kami juga terbilang andal dalam pemeliharaan & perbaikan (harkan) serta overhaul produk-produk maritim baik kapal perang, kapal selam, kapal niaga, serta general engineering produk energi dan elektrifikasi.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

Edi Rianto

Sekretaris Perusahaan PT PAL Indonesia

Telepon: 031-3292275 ext. 2002

Email: humas@pal.co.id